Bagaimana seorang wanita muda Saudi masuk ke lingkungan yang didominasi laki-laki – Arab News – Midnight Publishing

JEDDAH: Nour Al-Rammah tidak pernah berharap bekerja untuk GE Power karena dia tidak memiliki gelar teknik.

Namun lulusan Universitas Al-Yamamah berhasil mengatasi rintangan ini melalui ketekunan dan akal, serta menulis manual 400 halaman untuk orang lain seperti dia yang ingin bekerja di salah satu perusahaan terbesar di dunia tetapi tidak memiliki latar belakang teknis.
“Saya tidak pernah melihat diri saya sampai di sana,” katanya kepada Arab News, merefleksikan pencapaiannya dalam menembus dan berhasil dalam lingkungan yang kompetitif dan didominasi laki-laki. “Ketika saya belajar pemasaran di universitas, saya berharap untuk masuk ke perusahaan pemasaran, melakukan beberapa hubungan masyarakat, pemasaran dan periklanan. Tapi akhirnya saya bekerja di perusahaan teknik. “
Dia lahir dan dibesarkan di Prancis sampai dia menyelesaikan sekolahnya, kembali ke Arab Saudi setelah 17 tahun dan menetap di Riyadh. Dia kuliah di Universitas Al-Yamamah untuk mendapatkan gelar sarjana dalam administrasi bisnis, dengan jurusan pemasaran dan keuangan.

Jalannya menuju GE Power, yang masuk dalam Fortune Global 500, tidaklah mudah. Dia ingin bergabung dengan program kepemimpinan elit perusahaan, yang hanya memilih satu kandidat di Kerajaan setiap tahun. Dia ditolak saat pertama kali melamar. “Sangat sulit untuk bergabung, dan salah satu prasyarat utamanya adalah latar belakang teknik.”
Sebelumnya, dia telah melakukan magang penjualan dan komersial dengan GE Power tanpa benar-benar mengetahui banyak tentang perusahaan dan apa yang ditawarkannya di pasar pada saat itu, meskipun dia mengenal logonya. Dia memiliki beberapa peluang yang muncul padanya, tetapi magang GE Powerlah yang menarik perhatiannya.
“Saat ini di Arab Saudi, kami memiliki lebih dari 500 turbin GE yang menghasilkan lebih dari 50 persen listrik Kerajaan. Saya tidak bisa menolak tawaran seperti itu. Saya ingin menjelajahi peluang dan saya tidak menyesali keputusan saya. “

Ketika saya belajar pemasaran di universitas, saya berharap untuk mendarat di perusahaan pemasaran, melakukan beberapa hubungan masyarakat, pemasaran, dan periklanan. Tapi saya berakhir di perusahaan teknik.

Nour Al-Rammah

Setelah magang berakhir, dia tidak dapat membayangkan dirinya bekerja di tempat lain, menambahkan: “Karena pengalaman luar biasa yang saya dapatkan, tujuan saya hanya (tidak ada) jalan keluar. Baik saya mengambil pekerjaan penuh waktu di perusahaan ini atau cara apa pun yang saya bisa untuk bertahan di perusahaan, seperti memperpanjang magang. “
Untuk mengamankan posisinya, dia menulis “Nour’s Book,” sebuah manual untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan GE yang dibuat sederhana untuk orang-orang yang tidak memiliki latar belakang teknik.
“Apa yang menginspirasi saya untuk menulis Nour’s Book adalah bergabung dengan program pemimpin komersial yang elit dan paling kompetitif, yang dikenal sebagai CLP (Program Kepemimpinan Komersial) di GE. Saya merasakan begitu banyak pemberdayaan untuk tidak membiarkan ini (kurangnya latar belakang teknik) menghentikan saya, atau menjadi penghalang bagi saya. Sebaliknya, saya menggunakan buku pegangan teknis 400 halaman ini untuk mempercepat kurva pembelajaran teknis, dan saya berhasil menyelesaikan program berkat keberhasilan buku ini. ”


Buku ini membahas portofolio GE, produk, turbin gas, syarat dan ketentuan komersial, permintaan pelanggan, dan akronim di empat bab.
Ini tidak tersedia untuk dibeli juga tidak tersedia untuk siapa pun kecuali karyawan GE. Sekarang, bukunya sering diberikan kepada karyawan baru saat masuk sebagai manual.
Alasan lain dia menulis buku itu adalah untuk mentransfer pengetahuannya kepada pendatang baru di perusahaan, dari trainee ke karyawan.
“Saya ingin meninggalkan warisan, jejak kaki. Apa yang ditinggalkan Nour untuk membantu semua karyawan baru ini bergabung dengan bisnis listrik tanpa memiliki gelar teknik? Jika saya melakukannya, maka semua orang bisa melakukannya. “
Dia juga ingin menunjukkan GE Global bagaimana wanita Saudi memiliki kesempatan untuk bergabung dengan sektor energi, mencapai tujuannya melalui penyusunan artikel, penyederhanaan bahasa teknis, dan menghadiri kursus internal. Setiap kali dia menemukan sesuatu yang membingungkan, dia akan berkonsultasi dengan ahli teknik GE di sekitarnya atau di seluruh dunia.


Al-Rammah adalah seorang manajer komersial di GE Gas Power dan mengatakan dia tidak pernah merasa rendah diri dengan rekan kerja prianya meskipun menjadi satu-satunya wanita di tim tersebut.
“Saya merasakan kesetaraan dengan teman-teman saya. Pergi ke GE bagi saya terasa seperti pergi ke rumah kedua saya. Percaya atau tidak, saya menghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada bersama keluarga. Saya merasa diberdayakan oleh rekan pria saya. Ketika saya meminta bantuan, mereka selalu memberi saya (lebih) dari apa yang saya minta. Jika saya memerlukan penjelasan, mereka membagikan dokumen atau menghubungkan saya dengan orang yang tepat. Dalam pertemuan, poin saya selalu menjadi pertimbangan. Ketika saya membuat kesalahan, mereka mengoreksi saya tanpa membuat saya terintimidasi atau mereka menelepon saya setelah pertemuan dan mengoreksi saya. Mereka memastikan bahwa saya selalu melakukan yang lebih baik. ”
Dia mengatakan bahwa Arab Saudi saat ini mampu memberdayakan dan menginspirasi wanita. “Kami memang tinggal di negara yang memberikan kesempatan emas bagi wanita ambisius.”